Senin, 29 Oktober 2012

Disain Aplikasi pada Windows Phone

Aplikasi klien yang dibuat berbasis Windows Phone menggunakan bahasa pemrograman C#. Untuk perancangan aplikasi ini, sebelumnya penulis melakukan beberapa pencarian dengan mencari tahu bagaimana cara memainkan alat musik yang dirancang. Wawancara serta olah data dilakukan untuk membuat disain yang diharapkan penulis dapat memberikan hasil yang optimal tidak hanya pada fungsi-fungsi namun juga pada tampilan GUI (Graphic User Interface) nya.

Terdapat 5 form dalam aplikasi ini, yang pertama adalah Form Log In


Dalam form ini, terdapat dua textbox yang berfungsi sebagai penerima input nama dan IP Server, dan sebuah button untuk melanjutkan ke form berikutnya. Berikut tampilannya. 


Selanjutnya adalah Form Menu. Didalamnya terdapat 3 tombol, yaitu Bonang Pelog, Bonang Salendro, dan Panerus Salendro. Tombol Bonang Pelog akan mengarahkan aplikasi ke alat musik Bonang laras Pelog. Sedangkan tombol Bonang Salendro akan mengarahkan aplikasi ke alat musik Bonang laras Salendro. Kemudian untuk tombol Panerus Salendro, akan mengarahkan aplikasi ke alat musik Panerus laras Salendro. 
 3 Form selanjutnya adalah Form alat musiknya. Bonang Pelog, Bonang Salendro, dan Panerus Salendro. Disain tampilan awalnya adalah seperti di bawah ini,


Kemudian, masing-masing alat musik memiliki disain peletakan button sendiri berdasarkan alat musik aslinya. Penulis melakukan penelitian tentang bagaimana cara memainkannya, lalu dapat menyimpulkan skema seperti yang di gambar-gambar di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar