Jumat, 19 Oktober 2012

Custom Device Alat Musik Tradisional Suling Sunda Pada Client BeatMe


Musik merupakan seni menyatukan suara-suara menjadi suatu kombinasi yang ekspresif dan dapat dinikmati. Kombinasi-kombinasi suara tersebut kemudian disusun menjadi suatu komposisi dengan struktur tertentu berdasarkan hukum harmoni melodi dan ritme.
Musik merupakan simfoni kehidupan, menjadi bagian seni yang mewarnai kehidupan sehari-hari manusia di muka bumi. Tanpa musik dunia sepi, hampa dan monoton karena musik mampu mencairkan suasana, merelaksasi hati serta menstimulasi pikiran manusia sebagai pemeran cerita kehidupan. Musik tak sekedar memberikan efek hiburan, tetapi mampu memberikan makna untuk membangkitkan gairah dan spirit hidup untuk memberdayakan dan memaknai hidup. Mendengarkan musik, menghayati
dan menikmatinya merupakan aktivitas yang menyenangkan dan bisa membuat kita nyaman. Efek inilah yang secara medis dan psikologis menimbulkan reaksi positif pada kondisi fisik dan psikologis manusia.
Meskipun musik memberikan peran-peran penting bagi kehidupan manusia tetapi lebih banyak orang yang memilih untuk menjadi penikmat musik saja. Hal tersebut disebabkan oleh keterbatasan-keterbatasan yang dihadapi pada saat hendak bermain musik, misalnya pengetahuan dalam bermusik, keterampilan, serta tidak tersedianya alat-alat yang mendukung karena keterbatasan biaya.
Musik daerah atau musik tradisional adalah musik yang lahir dan berkembang di daerah-daerah di seluruh Indonesia. Ciri khas pada jenis musik ini terletak pada isi lagu dan instrumen (alat musiknya). Musik tradisi memiliki karakteristik khas, yakni syair dan melodinya menggunakan bahasa dan daerah setempat
Hampir seluruh wilayah Indonesia mempunyai seni musik tradisional yang khusus dan khas. Keunikan tersebut bisa terlihat dari teknik permainannya, penyajianya maupun bentuk instrumen musiknya. Seni tradisional itu sendiri mempunyai semangat kolektivitas yang tinggi, sehingga dapat dikenali karakter dan ciri khas masyarakat Indonesia, yaitu yang terkenal ramah dan santun, khususnya pada kesenian tradisional daerah Sunda.
Sistem BeatME dibuat dengan memanfaatkan teknologi digital dan teknologi jaringan agar mempermudah manusia untuk menyalurkan kreativitasnya dalam bidang musik. Dengan kemudahan tersebut, diharapkan orang-orang yang selama ini ingin bermain musik namun terkendala oleh kemampuan, pengetahuan, alat, biaya, waktu, serta lokasi, dapat mewujudkan keinginannya dan menghasilkan karya.Terdapat tiga target pengguna BeatME yakni orang yang tidak dapat bermain musik, orang yang dapat bermain musik namun tidak ahli, serta orang yang sudah ahli bermain musik.Senang terhadap sesuatu merupakan dasar yang baik agar orang mau mempelajari hal itu.
Custom device alat musik tradisional suling sunda pada client BeatMe melalui jaringan komputer merupakan dasar yang baik bagi pengembangan lebih lanjut karena menyediakan unsur-unsur mendasar untuk bermain musik yaitu instrumen musik, suara yang dihasilkan dari permainan instrumen tersebut, serta sarana untuk bermain musik bersama-sama.Agar menjadi dasar yang baik bagi pengembangan selanjutnya, salah satu kunci penentu adalah dirancangnya arsitektur yang baik. Arsitektur sistem BeatME dapat dilihat pada Gambar 1.1.

Gambar 1.1 Arsitektur BeatME.

Client BeatME dapat terdiri dari komputer/laptop, Tablet PC, smartphone atau device yang didesain secara khusus. Karena server BeatME mengeluarkan suara berbasis MIDI, client BeatME pun harus dapat mengirimkan perintah MIDI agar dapat dipahami oleh server. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar